Senin, 25 Januari 2016

YESUS ADALAH TUHAN ATAS HARI SABAT

YESUS ADALAH TUHAN ATAS HARI SABAT


YESUS ADALAH TUHAN ATAS HARI SABAT
Oleh 
Pdt. Marulam Pandiangan, SH.
Direktur Penginjilan/ Wakil Ketua Umum  
GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH-CONFRENCE INDONESIA 
(disingkat : Gereja Kristen Advent Indonesia)
Badan Hukum : SK Menteri Hukum dan HAM R.I. Nomor : AHU-00637.60.10.2014,. 
Kantor Pusat : Jln. SM. Raja No.92, P.Siantar, Sumatera Utara-Indonesia
www.adventconference.or.id
-------------------------------------------------------------------------------

Di dalam nama Allah Bapa, Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus, Amin, ( I Korintus 8 : 6), Saudara-saudaraku umat Yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat dan Penebus umat Manusia yang percaya kepadanya, marilah kita bersama-sama mengenang kembali ajaran-ajaran Tuhan Kita, dalam Kebenaran, dengan Bimbingan Roh Kudus.

1. GMAHK Confrence Indonesia, Suatu Lembaga Keagamaan Kristen dan Lembaga Penginjilan Kristen, Berpusat di Indonesia, dan membentuk Perwakilan di Luar Negeri, adalah Pemelihara Sabat Sebagai Hari Ketujuh dan Hari Perhentian, Berdasarkan Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Karena Yesus adalah Tuhan atas Hari Sabat, Kepercayaan GMAHK Conference sebagai Pemelihara Hari Sabat, adalah berdasarkan Alkitab dan Ajaran Tuhan Yesus, bukan dari ajaran-ajaran Manusia yang mengangap dirinya Nabi, atau yang diangkat organisasinya sebagai Nabi, dan menolak Tulisan-tulisan Tafsiran-tafsiran dan khayal khayal serta dongeng-dongeng.

2. Murid-Murid Yesus yang bernama : Matius, Markus dan Lukas, telah menulis dalam bukunya, bahwa Yesus adalah Tuhan Atas Hari Sabat, sebagaimana Yesus Berbicara kepada orang banyak dan dihadapan Rasul-rasulNya, dengan Perkataan Yesus : “KARENA ANAK MANUSIA ADALAH TUHAN ATAS HARI SABAT.  (Matius 12 : 8, Markus 2 : 28, Lukas 6 : 5).

3. Yesus Kristus mulai anak-anak sampai Dewasa dan sampai Korban Di Kayu Salib memelihara hari Sabat, baik dalam kematiannya, dan Yesus Bangkit pada Hari Pertama/Hari Minggu.





4. Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar, dan Yesus Menyembuhkan Orang Sakit pada Hari Sabat. (Matius 12 : 8-15, Markus 3 : 1-6, dan Lukas 6 : 6-11).

5. Lukas 4: 16
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

6. Lukas 4:31
Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.

7. Lukas 6:6
Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya

8. Lukas 13:10
Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

9. Markus 1:21
Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.

10. Markus 6:2
Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya

11. Hukum Taurat yaitu Hukum keempat, ditulis langsung oleh JARI ALLAH BAPA dalam 2 LOH BATU.
Keluaran 20:8-11
Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

12. Nabi Musa Membimbing Bangsa Israel untuk Menyucikan dan Menguduskan Hari Sabat.
Keluaran 31:12:18
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:"Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.

Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi TUHAN: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabat, pastilah ia dihukum mati.Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat." Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah

13. Allah Memanggil Musa kedalam Gunung Kudus Tuhan, dan Memberi Hukum Taurat dalam 2 Loh Batu, yang didalamnya Mnyucikan dan Menguduskan Hari  Sabat dalam Hukum Taurat yang Keempat.

Keluaran 24:12
TUHAN berfirman kepada Musa: "Naiklah menghadap Aku, ke atas gunung, dan tinggallah di sana, maka Aku akan memberikan kepadamu loh batu, yakni hukum dan perintah, yang telah Kutuliskan untuk diajarkan kepada mereka

14. Keluaran 32:15-16
Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah.Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu.

15. Yesus berkata : Dia datang bukan untuk meniadakan Hukum Taurat, melainkan untuk menggenapinya, jadi hukum Taurat yang ditulis langsung dengan jari Allah Bapa diatas 2 Loh Batu tetap kekal selama-lamanya, sampai Yesus datang kedua kali untuk menjemput umat yang percaya kepadaNya.
Matius 5 : 17.
Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

16. Kolose 2 : 16 – 17.
Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.

17. Ibrani 4 : 9 – 10.
Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.

18. Rasul Rasul dan Jemaat Memelihara hari Sabat
Kisah 2 : 42 – 46.
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.
Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

19. Ibrani 10 : 25.
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

20. Yesaya 58 : 13-14
Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari kenikmatan", dan hari kudus TUHAN "hari yang mulia"; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena TUHAN, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut TUHANlah yang mengatakannya.

21. Matius 22 : 37 – 40.
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

22. Matius 24 : 20.
Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

23. Sabat Menurut Al,quran
a. Surat Al-Baqarah 65-66
Dan sesunguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari sabtu lalu kami berfirman kepada mereka jadilah kamu kera yang hina”

b. Surat An nisa 47 daan 154
Ayat 47
Hai orang-orang yang telah Al Kitab, berimanlah kamu kepada apa yang telah kami turunkan(Al Qur’an) yang membenarkan kitab yang ada pada kamu sebelum kamu merubah mukamu,lalu kami putarkan ke belakang atau kami kutuk mereka sebagaimana kami telah mengutuk orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari sabtu dan ketetapan allah pasti berlaku.

Ayat 154
Dan telah kami angkat ke atas (kepala) mereka bukit Thursina untuk(menerima) perjanjian (yang telah kami ambil dari0 mereka Dan kami perintahkan kepada mereka:”Masuklah pintu gerbang itu sambil bersujud, dan kami perintahkan (pula)  kepada mereka: “janganlah kamu melanggar peratiuran mengenai hari sabtu dan kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang kokoh.

c. Surat Al-A’Araf 163
Dan tanyakanlah kepada bani israil tentang negeri yang terletak dekat laut ketika melanggar aturan pada hari sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan  (yang berada di sekitar) mereka) terapung-apung di permukaan air, dan di hari yang bukan sabtu ,ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka.demikianlah kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.

d. Surat An nahl 124
Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari   sabtu atas orang-orang yahudi yang berselisih padanya,dan sesungguhnya tuhanmu benar-benar akan memberi keputusan diantara mereka di hari kiamat terhadap apa yang mereka perselisihkan itu.


24. Sabat Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, Susunan W.J.S. Poerwadarminta, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendiidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka, Jakarta 1987, SABAT adalah : SABTU,

dan Beberapa Arti Kata Sabat dalam Beberapa Bahasa.

a. Bahasa Indonesia : Sabtu.
b. Bahasa Jawa : Sabbat
c. Bahasa Makassar : Saba’na 
d. Bahasa Bugis : Saba’e
e. Bahasa Arab : Sabt
f. Bahasa Yunani : Sabbaton
g. Bahasa Itali : Sabato
h. Bahasa Inggris : Sabbath
i. Bahasa Polandia : Sobota
j. Bahasa Spanyol : Sabado

25. Sabat adalah hari Sabtu sebagai hari Ketujuh, sedangkan Minggu adalah Hari Pertama, Yesus Meninggal dan Disalibkan paada hari Jumat, sebagai hari keenam, dan Yesus dikubur pada Hari Jumat Sore, karena Sabat telah Menjelang, dan Hari Sabat penuh Yesus dalam Kubur, dan Bangkit di Pagi Hari pada hari Minggu,


26. Lukas 23:52-24
Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus.Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat.Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.

27. Lukas 23:55-56
Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan. Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,

28. Matius 28:1
Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

29. Markus 16:9
Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

30. Lukas 24:1
tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.

31. Yohannes 20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

32. Yohannes 20:19
Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"

Marilah kita kembali dalam ajaran Kebenaran berdasarkan Alkitab, memuji Tuhan pada Hari Ketujuh, sebagai Hari Perhentian, sebagaimana Tuhan Allah berhenti dari Pekerjaannya setelah enam hari menciptakan langit dan bumi dan berhenti pada hari yang ketujuh, dan Sabat adalah sebagai Perjanjian Turun Temurun antara Manusia dan Allah, sampai Yesus datang kedua kali menjemput umatNya yang percaya kepadaNya.

Menyucikan Sabat pada Hari Ketujuh/Hari Sabat/Hari Sabtu adalah urusan pribadi dengan Tuhan Allah, dapat dilakukan secara sendiri-sendiri ditempat masing-masing/dirumah, atau dapat dilakukan dengan komunitas dalam suatu perkumpulan. Menyucikan hari Sabat bukan harus bergabung dengan organisasi gereja tertentu, tetapi berhari sabat memuji Tuhan sebagai Perjanjian secara turun temurun dilakukan secara pribadi, pribadi, bersama keluarga, bersama teman-teman, dan atau kelompok-kelompok.

Mari Memuji Tuhan pada Hari Sabat (Sabtu) sebagai Peringatan Hari Ketujuh, dan Mari Kita Beribadah dn Memuji Tuhan Allah kepada Tuhan Allah setiap Hari dan Setiap Waktu, akan tetapi Peringatan Hari Ketujuh adalah harus pada hari Sabat.

Mari Kita Undang Roh Kudus, Roh Allah Bapa, agar memberi Pertolongan Bagi kita dalam menyucikan dan memahami hari sabat Tuhan, Karena Yesus adalah Tuhan atas hari sabat.


Salam sejahtera, Tuhan Yesus Memberkati,
Saudaramu dalam Tuhan Yesus




Pdt. Marulam Pandiangan, SH.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar