Selasa, 26 Januari 2016

SIKAP IMAN GMAHKCI


SIKAP IMAN
GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH CONFERENCE INDONESIA 
Website : www.adventconference.or.id | www.adventconference.blogspot.co.id
Email : marulam@adventconference.or.id  dan dame@adventconference.or.id
----------------------------------------------------------------------------------




A. HARI-HARI PERBAKTIAN :

   1. Hari Minggu : Kebaktian Hari Sukacita.
   2. Hari Senin : Kebaktian Penginjilan Untuk Pemuda dan Remaja.
   3. Hari Selasa : Kebaktian Penginjilan Untuk Kaum Bapak.
   4, Hari Rabu : Kebaktian Penginjilan Pertengahan Minggu.
   5. Hari Kamis : Kebaktian Penginjilan Untuk Kaum Ibu.
   6. Hari Jumat : Kebaktian Hari Persiapan Penyambutan Hari Sabat.
   7. Hari Sabtu : Kebaktian Pengudusan Hari Sabat, sebagai Hari Perhentian
  (Hari Ketujuh).

B. Nyanyian yang digunakan pada Kebaktian :

1. Kidung Jemaat
2. Lagu Sion
3. Lagu-Lagu yang bernafaskan  Kristiani, (Oikumenes).
4. Mazmur 149 1-9 dan Mazmur 150:1-6

C. Menerima adat dan budaya yang tidak bertentangan dengan Alkitab.

(Kain Tenunan Tradisionil, Ulos. Ulos, dll, Praktek Adat istiadat, Syukuran dll, yang tidak bertentangan dengan Alkitab dapat dilakukan.

1 Korintus 10 : 31,
Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.





Imamat 11 : 1-47.
Makanan dari Binatang yang haram dan yang tidak haram,

D. Dapat memindahkan tulang-belulang,

Keluaran 13:19, Musa membawa tulang-tulang Yusuf, sebab tadinya Yusuf telah menyuruh anak-anak Israel bersumpah dengan sungguh-sungguh: "Allah tentu akan mengindahkan kamu, maka kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini."

E. Yesuslah kesaksian dan kebenaran, Yohanes 18:36-38 :

1. Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini." Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, Supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Kata Pilatus kepada-Nya: "Apakah kebenaran itu?" (18-38b) Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya.

(Lawanlah yang mengaku Nabi Akhir Zaman yang menyatakan dia KEBENARAN dan KESAKSIAN ROH NUBUAT, Kesaksian Roh Nubuat adalah : Kesaksian Tentang Tuhan Yesus Kristus, itulah Kebenaran).

2. Menolak Nabi yang diangkat oleh ORGANISASI GEREJA dan AGAMA, Setelah Tuhan Yesus Kristus Naik Kesorga.

3. Nabi adalah yang dipilih Allah sebelum Kelahiran Yesus.

4. Setelah Yesus menyelesaikan Pekerjaannya didunia dan Naik Kesorga, Allah tidak ada memilih Nabi-nabi lagi, akan tetapi Rasul-Rasul, Pemberita Injil, Gembala-Gembala dan Pengajar-Pengajar. (Efesus 4 : 11-12).

Nabi : Orang yang terpilih oleh Allah atau yang jadi utusan Allah untuk menyampaikan kehendak Allah kepada Manusia.

Rasul : Utusan (Tuhan), Murid Nabi Isa yang Mula-Mula menyiarkan agama Kristen.

(Sumber : Kamus Umum Bahasa Indonesia, Susunan W.J.S. Peorwadarminta Penerbit Balai Pustaka, Jakarta 1987).

5. Yesuslah  jalan kebenaran dan hidup

Yohanes 14 : 6. 6
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

1 Yohanes 5:11-13
Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

6. Kasihilah Sesamamu dan Kasihilah Musuhmu
Matius 12:30-31
Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan. Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.

Roma 12:20
Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

7. Manusia Tidak akan gagal dan dapat Berhasil Dengan Yesus, dengan syarat Utama : MENGAMPUNI dan MEMAAFKAN KESALAHAN ORANG.
Matius 6 : 14-15.
Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Yesus Berkata : Marilah Kepadaku Yang Letih Lesu dan Berbeban Berat
Matius 11:28-30
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

8. Menolak Ajaran dari Organisasi gereja yang menafsir-nafsir kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua Kali, Dan yang telah gagal dan Menafsir sejak Tahun 1844, dan diteruskan oleh Pengikut-pengikutnya dan membuat organisasi, karena ajaran mereka adalah ajaran Palsu, DAN MEREKA ADALAH KELOMPOK YANG MELAWAN ALLAH.

Matius 24  : 36.
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."


F. Buah-Buah Roh, Galatia 5:22, Tetapi buah Roh ialah :

1. Kasih
2. Sukacita
3. Damai Sejahtera
4. Kesabaran
5. Kemurahan
6. Kebaikan
7. Kesetiaan
8. Penguasaan diri

G. Hikmat dari Surga, Yakobus 3:18, :

1. Kelemahlembutan
2. Tidak memegahkan diri
3. Tidak berdusta pada kebenaran
4. Tidak iri hati
5. Tidak mementingkan diri sendiri
6. Tidak berbuat jahat
7. Murni
8. Pendamai
9. Peramah
10. Penurut
11. Tidak Memihak
12. Tidak Munafik
13. Penuh belas kasihan


G. Keadaan Manusia pada akhir zaman, 2 Timotius 3:1-7 :

1. Mencintai dirinya sendiri
2. Hamba Uang
3. Membual
4. Menyombongkan diri
5. Memfitnah
6. Berontak kepada orang tua
7. Tidak tau berterima kasih
8. Tidak memperdulikan agama
9. Tidak tau mengasihi
10. Tidak mau berdamai
11. Suka menjelekan orang
12. Tidak Mengekang diri
13. Garang
14. Tidak suka yang baik
15. Suka menghianat
16. Tidak berpikir panjang
17. Berlagak tau
18. Menuruti hawa nafsu
19. Gila hormat
20. Menantang
21. Mendengki

H. Firman Allah Hidup dan kuat, Ibrani 4:12 :

Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

I. Tuhan Maha Pemaaf bagi yang mengaku dosanya

Yesaya 1 : 18 Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.

Yesaya 43:24-25 Engkau tidak membeli tebu wangi bagi-Ku dengan uang atau mengenyangkan Aku dengan lemak korban sembelihanmu. Tetapi engkau memberati Aku dengan dosamu, engkau menyusahi Aku dengan kesalahanmu. Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Yesaya 44:22 Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau.

Roma 3:23-25 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

J. Jangan Menyembah Berhala Dan Roh-Roh Jahat, Jangan Memuja Arwah

Efesus 5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Ulangan 18:10-12 Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

Imamat 19:31 Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.

Matius 15:9 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

K. Jabatan-Jabatan Imam

1. Anggota-Anggota yang terpanggil menjadi Imam, Hanya Belajar dan Memahami buku Penginjilan yang dikeluarkan Organisasi Lembaga Evangelist Kristen Indonesia yang Berjudul : Asas-asas Pokok dari Pernyataan Allah Sebagai Pedoman Hidup umat Kristiani Pengetahuan Dasar-Lanjutan-akhir, dengan belajar Langsung atau belajar Jarak Jauh melalui alat-alat komunikasi.

2. Dan apabila dinyatakan Lulus oleh Organisasi Lembaga Evangelist Kristen Indonesia sebagai Penyelenggara, Maka Gereja Kristen Advent Indonesia, mengangkat dan mengurapinya sebagai : Guru Injil, dengan Gelar : Evangelist disingkat dengan Ev.

3. Dan apabila sudah melayani minimal 2 Tahun, diurapi menjadi Pendeta, dengan Gelar : Pendeta, disingkat Pdt.

Jabatan-Jabatan tidak dapat dicabut, dan Bagi yang melakukan Pelanggaran Alkitab, dibimbing untuk pertobatan agar tidak menjadi batu sandungan bagi jemaat.

L. Keuangan :

1. Uang Perpuluhan, Uang Ucapan Syukur, Uang Gereja, Uang Sekolah Sabat, Uang Persembahan, Sosial, Uang Persembahan Bantuan dan Donateur, Uang Persembahan Usaha-usaha Jemaat, Keseluruhannya (100 %) adalah milik Jemaat.

2. Jemaat hanya menyetor ke Pusat Organisasi Sebesar 10% dari semua pendapatan Jemaat.

3. Kecuali Persembahan Penginjilan (Anggota Bekerja), bantuan Penginjilan menjadi hak keseluruhan (100 %) milik Pusat Organisasi.

4. Kekuasaan tertinggi adalah di tangan Jemaat bukan di Pengurus Pusat Organisasi.

5. Jemaat yang mengatur Organisasi dan keuangan Serta Pelayanan sesuai AD/ART Organisasi

J. Setiap kebaktian  membacakan :

1. PENGAKUAN IMAN RASULI

Aku percaya kepada Allah, Bapa Yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi,
Dan kepada Yesus Kristus Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut. Dan pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik kesurga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa Yang Maha Kuasa.
Dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus, Gereja Yang Kudus dan Am.
Persekutuan orang Kudus.
Pengampunan dosa.
Kebangkitan orang mati.
Dan hidup yang kekal. Amin

2. HUKUM KESEPULUH

1. "Akulah TUHAN, Allahmu, Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya.

3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

5. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

6. Jangan membunuh.

7. Jangan berzinah.

8. Jangan mencuri.

9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."


3. DOA BAPA KAMI

Bapa kami yang ada di surga
Dimuliakanlah nama-Mu
Datanglah Kerajaan-Mu
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam Surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan
Tetapi bebaskan kami dari yang jahat
(Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya).
AmiN.


Direktur Penginjilan,
   
   
   
Pendeta MARULAM PANDIANGAN, SH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar